English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 19 Agustus 2010

Deltras gunakan delapan pemain asing


SIDOARJO - Persiapan Delta Putra Sidoarjo (Deltras) ke Liga Jatim Piala Gubernur 2010 tidak sepi dari pemain asing. Kali ini, tim asal Kota Udang, julukan Sidoarjo, tersebut kedatangan striker asal Korea Selatan Na Byung-yul.

Pemain yang musim lalu bermain di Persik Kediri itu berlatih bersama Deltras di Gelora Delta, Sidoarjo, kemarin (19/8). "Kalau manajemen menghendaki saya ingin bermain di sini (Deltras, Red), saya siap. Apalagi, Persik Kediri saat ini sudah degradasi ke Divisi Utama," kata pemain berusia 25 tahun tersebut.

Na Byung-yul mengaku lebih cocok bermain sebagai striker. Namun, di kompetisi ISL musim lalu, dia sering dipasang di lini pertahanan. "Itulah yang membuat saya gerah dan ingin mencari tim lain. Masak saya bermain sebagai second striker di Korea, tapi di sini dipaksa menjadi stopper. Tentu saja tidak maksimal," ujar pemain bertinggi badan 180 cm itu.

Na Byung tidak datang sendirian. Dia didampingi Kim Jong-kyung, defender asal Korea yang musim lalu merumput di Persitara Jakarta Utara.

"Sekilas, kemampuan dua pemain itu cukup bagus. Paling tidak, mereka bisa melengkapi daftar pemain asing dari Asia yang dibutuhkan manajemen," terang pelatih Deltras Nus Yadera.

Menurut dia, kemampuan dua pemain asal Korea Selatan tersebut akan dilihat di Liga Jatim nanti. Sebab, lanjut Nus, mereka harus berkompetisi dengan pemain asing lain sebelum menjadi bagian The Lobster (julukan Deltras).

"Dengan banyaknya pemain asing yang datang, kami harus objektif. Hanya yang bagus yang akan kami rekrut," tutur Nus.

Rencananya, ada delapan pemain asing yang mem­perkuat Deltras dalam even pemanasan tersebut. Di antaranya, Danilo Fernando (Brazil), Cletus Lapula Abunaw (Kamerun), Sackie Doe (Liberia), Na Byung-yul (Korea), dan Kim Jong-kyung (Korea). "Ada pula Bationo (Germain, striker asal Burkina Faso, Red) dan beberapa pemain asing lain yang sebenar lagi bergabung bersama kami," tutur Nus. Jumlah delapan pemain asing merupakan batas maksimal tim yang mendaftarkan penggawa asingnya di Liga Jatim. Hanya, yang boleh turun ke lapangan hanya empat pemain asing.

Penanggung jawab Deltras Vigit Waluyo belum memberikan kepastian tentang dua legiun Korea Selatan yang ikut berlatih kemarin.

Sementara itu, rencananya Danilo bergabung bersama Bejo Sugiantoro dkk dalam latihan di Gelora Delta Sidoarjo sore ini. Mantan pemain Persisam Samarinda itu akan memperkuat lini tengah Deltras di ISL nanti.